Semua orang pasti menginginkan sukses dan berhasil. Tetapi apakah yang dinamakan sukses itu ? Banyak orang yang menginginkan bisa menjadi sukses tetapi tidak jelas arti atau definisi kata sukses sendiri. Sebagian besar sukses diidentifikasikan dengan uang dan jabatan. Apakah sesempit itu kita akan mengartikannya. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan sukses ?

Seorang Re – Educator & Mind Navigator, Adi W. Gunawan mengatakan sukses sebenarnya bukanlah suatu tempat atau tujuan akhir. Sukses adalah perjalanan hidup berdasarkan peta yang kita rancang sendiri sejalan dengan tingkat kesadaran kita pada saat itu. Saat seseorang berkata bahwa ia sukses maka yang ia maksudkan sebenarnya adalah telah mencapai suatu tahap tertentu dalam perjalanan hidupnya.

Namun jika seseorang bersikukuh bahwa ia sudah sukses maka pada saat itulah  telah gagal. Mengapa ? Karena dengan sikap mental seperti itu maka sebenarnya ia telah berhenti berkembang. Peta hidup yang kita rancang sebaiknya meliputi berbagai aspek kehidupan agar hidup menjadi lebih seimbang. Yang meliputi di dalamnya aspek spiritual ( berhubungan dengan keyakinan kita ) , finansial, bisnis dan karier, keluarga, pengembangan diri, refreshing, materi ilmu pengetahuan dan sosial. Jika hidup diibaratkan dengan sebuah roda maka pencapaian pada setiap aspek kehidupan sama seperti ruji yang menghubungkan poros dan roda.

Bila panjang masing – masing ruji tidak sama maka bisa dibayangkan bagaimana putaran roda kehidupan, berantakan dan tak teratur. Sering kali, hanya mengejar salah satu aspek saja, orang mengorbankan aspek lainnya. Keadaan ini menjadikan hidup tidak seimbang dan malah justru merugikan.

Memperbarui peta kehidupan

Sesuai dengan apa yang didefinisikan diatas, maka kita perlu selalu memperbarui peta kehidupan kita. Apa yang dulunya dipandang sebagai hal yang penting dalam kehidupan seiring dengan perkembangan tingkat kesadaran dan spiritusl seseorang, akirnya menjadi kurang atau bahkan menjadi tidak penting lagi. Begitu pula sebaliknya, hal yang dulunya tidak penting kini menjadi sangat penting untuk dicapai.

Sukses merupakan sebuah perjalanan diri dari satu titik ke titik berikutnya dengan akselerasi kita masing – masing. Sukses adalah perjalanan dengan titik awal namun tanpa titik akhir. Dan untuk mencapai sukses kita harus mengembangkan peta kehidupan kita dengan cara berani bermimpi. Tetapi, mimpi disini bukan berarti mimpi kita disaat kita tertidur pulas, mimpi disini adalah sebuah angan – angan atau hal – hal yang ingin kita capai dalam hidup kita. Sebuah dorongan dari dalam untuk melakukan dan meraihnya dengan kemampuan kita masing – masing. Banyak orang yang ber-mimpi sesaat setelah mereka selesai kuliah dan masuk ke kehidupan nyata karena akhirnya sadar akan ”realita” kehidupan.

Bermimpi kini merupakan suatu kecakapan yang sulit diajarkan dan dipelajari. Banyak orang yang sudah tidak mempunyai keberanian untuk bermimpi atau memikirkan impian mereka. Apakah diwaktu mendatang harus ada sebuah kurikulum yang mewajibkan seorang pelajar untuk bisa bermimpi untuk kehidupannya, atau hanya sebuah jalan bebal yang menggiring manusia menjadi robot

Untuk itulah kenapa kita harus berani bermimpi. Mencoba berkhayal untuk masa depan dan berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkannya. Karena disitulah letak sukses yang sesungguhnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s