BUNGA BANGKAI BISA JADI KUE


Contoh olahan Berbagai Makanandari bunga bangkai.
Contoh olahan Berbagai Makanandari bunga bangkai.

Bunga bangkai yang biasa tumbuh di pekarangan rumah warga ternyata bisa dikonsumsi. Ya, bunga dengan nama latin Amorphallus paeoniffolius ini bisa dibuat menjadi tepung sebagai bahan dasar aneka kue.

Kemarin, Balai Konservesi Kebun Raya Bogor mengenalkan berbagai jenis makanan yang diolah dengan bahan tepung bunga bangkai yang biasa disebut suweg ini.

Kepala Penelitian Amorphallus Paeoniffolius, Yuzammi mengatakan, olahan makanan dari suweg sudah mulai memasyarakat di Jawa Tengah. Seperti di Ambarawa, Semarang dan Gunungkidul.

“Beberapa daerah tersebut, warga mengonsumsi olahan suweg bahkan langsung direbus atau digoreng. Bukan dibuat menjadi tepung
terlebih dahulu,” terangnya.

Perempuan yang akrab disapa Ami ini, juga menerangkan, penyebaran suweg ada di kawasan Asia hingga Australia. Hanya, hingga kini balai konservasi masih mengembangkan budidaya suweg sehingga bisa dijadikan komiditi pengganti tepung gandum.

Dari budidaya, sambungnya, akan dibuat makanan olahan seperti makanan ringan, kue-kue hingga olahan sayur. Sedangkan untuk komposisi tepung suweg, satu kilo umbi bisa dijadikan 700 gram tepung.

Sementara itu, bunga yang menjadi maskot Kebun Raya Bogor yang juga masih satu suku dengan suweg, Amorphophalus titanum, juga kembali muncul.

Meski masih tunas, bunga bangkai raksasa ini tingginya sudah mencapai 150 sentimeter dan diperkirakan akan terus tumbuh tinggi hingga mekar.

Kepala Bagian Humas KRB, Kapat Yuriawan mengatakan, tunas bunga bangkai tersebut sudah muncul sejak sepekan terakhir. Bunga tersebut adalah salah satu dari lima umbi yang ditanam pada 2009 lalu. Tiga di antaranya sudah mekar menjadi bunga.

“Diperkirakan akan mekar sekitar tiga pekan lagi. Ini jadi bunga ketiga yang mekar di kawasan yang memang menjadi lokasi penanaman umbi Amorphophalus titanum,” terangnya.

Hingga kemarin, lokasi munculnya bunga bangkai tersebut sudah mulai dipagari. Sehingga, pengunjung yang ingin melihat langsung bunga tersebut tidak bisa menyentuhnya.

2 pemikiran pada “BUNGA BANGKAI BISA JADI KUE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s