Gadis Maroko Bunuh Diri Usai Dipaksa Nikahi Pemerkosanya


Para aktivis di Maroko marah terkait suatu kabar tragis korban perkosaan. Mereka membuat petisi menuntut pemerintah agar mengubah aturan dalam hukum pidana setelah bunuh diri seorang gadis berusia 16 tahun. Dia nekat mengakhiri hidup setelah dipaksa menikahi pria yang memperkosanya tahun lalu.

Petisi online, lewat Facebook dan Twitter yang tak terhitung jumlahnya, mengekspresikan kengerian terkait tindakan Amina Filali yang menelan racun tikus pada Sabtu pekan lalu.

Pasal 475 UU Pidana Maroko membolehkan pelaku “penculikan” di bawah umur untuk menikahi korbannya, agar terhindar dari hukuman. Pasal ini kerap digunakan untuk menjustifikasi praktik tradisional yang membuka ruang pada pelaku pemerkosaan untuk menikahi korbannya, demi menjaga kehormatan keluarga perempuan.

“Hak Amina (16) dilanggar, oleh pemerkosanya, oleh tradisi dan oleh Pasal 476 UU Pidana Maroko,” demikian kutipan tweet seorang aktivis, Abadila Maaelaynine, seperti dimuat harian Daily Mail.

Abdelaziz Nouaydi, yang mengelola asosiasi reformasi hukum, mengatakan, seharusnya hakim hanya bisa merekomendasikan pernikahan pelaku dengan korban, dengan syarat ada persetujuan dari korban. “Persetujuan bukan sesuatu yang gampang dilakukan, sangat jarang,” kata dia.

Secara terpisah, Fouzia Assouli, ketua Liga Demokrasi Hak Asasi Perempuan mengatakan, pernikahan seringkali dipaksakan pihak keluarga untuk menghindari skandal. “Ini adalah fenomena memprihatinkan yang sayangnya terus berulang,” kata dia.

“Kami telah menuntut penghapusan Pasal 475 UU Pidana yang memungkinkan pemerkosa menikahi korbannya untuk menghindari hukuman.” Hukuman untuk pemerkosa adalah antara lima dan 10 tahun penjara, tapi bisa naik 10 sampai 20 tahun dalam kasus di bawah umur.

sumber :http://www.suaramerdeka.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s