CARA SINGKAT MEMPERBAIKI LAPTOP


Cara memperbaiki laptop restart, cara memperbaiki laptop blank, maupun cara memperbaiki laptop lambat berbeda penanganannya.Kerusakan laptop memang bermacam-macam bisa berupa kerusakan hardware dan bisa juga rusak software. Berikut adalah beberapa cara untuk memperbaiki laptop  yang lambat atau lemot.

  • Uninstall program yang tidak penting dan jarang dipakai, Jangan terlalu banyak menginstall program.
  • Matikan start up program dengan cara masuk ke  run, ketik msconfig, pilih start up, disable all, apply ok, restart.
  • Jangan terlalu banyak menggunakan antivirus, pakai satu saja yang menurut anda bagus.
  • Untuk mengurangi panas berlebihan pakai kipas pendingin tambahan, bila laptop digunakan dalam waktu yang lama.
  • Ganti RAM dengan space yang lebih besar, misalnya dari 1 GB menjadi 2 GB.

Untuk memperbaiki laptop yang rusak software dengan kondisi yang parah akibat virus cara mengatasi bisa dengan melakukan install ulang. Dengan demikian laptop akan kembali normal dan laptop akan lebih cepat.

Terkadang laptop mengalami kerusakan dengan kondisi dinyalakan hidup sebentar kemudian mati lagi dan layar monitor gelap.Gejala kerusakan semacam ini merupakan kerusakan yang paling sering terjadi pada laptop.

Berikut adalah cara singkat mengenai untuk mengatasi gejala kerusakan tersebut :
1.Kerusakan pada VGA chipset, kabel flexibel, inverter atau LCD

Kerusakan ini terjadi karena panas yang dihasilkan oleh CPU tidak mengalir dengan baik didalam chasing. Bisa juga karena komputer terlalu panas, khususnya untuk CPU yang berlabel AMD.

Untuk mengecek kerusakan VGA tersebut dapat dilakukan dengan menghubungkan vga out dengan monitor atau LCD external bila gelap ada kemungkinan vga chip problem. Sedangkan bila menyala,  ada kemungkinan lcd, inverter, atau kabel flexibel. Untuk pengetesan harus menggunakan yang identik seperti inverter, lcd ataupun flexibel. Untuk cara ini rekomendasi bawa ke dokter untuk lebih detil.

Apabila kita perhatikan ada gambar tipis atau seperti bayangan di LCD, maka yang kemungkinan rusak adalah lampu LCD (CCFL) ,  inverter atau flex.

Sehingga kondisi gelap atau mati belum tentu harus ganti LCD.

2. Kerusakan memory (RAM)

Kerusakan pada memory menyebabkan terputusnya alur pemrosesan data yang mengakibatkan hang nya sistem komputer. Karena kita tahu, RAM berfungsi untuk penyimpanan sementara proses data yang sedang berjalan. Sehingga jika RAM mengalami kerusakan, maka sistem gagal menyimpan data proses sementara tersebut.

Cara memperbaiki kerusakan:

Coba buka chasing laptop, dan lepaskan memory tersebut. Kemudian bersihkan menggunakan penghisap debu atau kain kering yang lembut. Jangan lupa bersihkan juga debu yang menempel pada grid tempat meletakkan memory tersebut. Karena kemungkinan memory hanya kotor oleh debu. Jika cara tersebut tidak berhasil, sayang sekali kita harus mengganti memory RAM nya.

Demikian cara memperbaiki laptop rusak, semoga analisa memperbaiki laptop rusak atau analisa kerusakan laptop rusak yang saya sampaikan bermanfaat…terima kasih.

SUMBER :  http://lebengjumuk.blogspot.com/2012/03/cara-singkat-memperbaiki-laptop-rusak.html

4 pemikiran pada “CARA SINGKAT MEMPERBAIKI LAPTOP

  1. axioo pembelian ibuku layarnya redup i dan membuatku lesu
    lemas, shok, pusing,,, tolong pencerahan sms (087834532703)

    1. Kutu, coba di setting layarnya klik kanan di di layar desktop yang kosong, klik Graphics Propertise, pilih basic mode, nanti muncul “intel graphics and media control panel” tinggal diatu deh layar sesuai keinginan atau kalau juga kurang berhasil hubungi IT Clinic Jakarta (021) 62311Surabaya (031)5478684. Semoga Bisa berguna informasi ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s