REVIEW BLOG : POSTINGAN TENTANG REPORTASE “ LANGKAH CATATANKU”


Menarik sekali membaca postingan  saudari Idah Ceris, yang bisa dikunjungi di situsnya :

http://idahceris.wordpress.com/2012/12/20/give-away-langkah-catatanku/

di blognya Idah Cerisnya ini ada kontes postingan . Saya ini kegiatan yang amat positif sekali, terutama bagi yang baru membuat blog. Sebagai ajang pembuktian atau sekedar uji coba samapi di mana kemampuan kita dalam menulis/posting di blog. Karena ibaratnya kita sedang belajar Ilmu Kanuragan di Gunung, setelah sekian lama belajar teori melulu tentang tulis – menulis, alangkah baiknya “nyoba” ilmunya dalam ajang – ajang sayembara / kontes. Siapa tahu menang dan hadiahnya lumayan. Tetapi, menang – kalah itu urusan nomor 2, yang penting kita sudah berpartisipasi. Bicara mengenai “Pandangan Pertama” pada blognya milik Idah Ceris, saya kira isinya mengenai cerpen atau puisi melulu. Tetapi, setelah lama mengikutinya ternyata, blognya Idah Ceris isinya amat lengkap terutama tentang reportase perjalannnya yang memperkenal daerahnya di mana Idah Ceris tinggal , ini bagus, cara anak muda yang mau menceritakan tentang berbagai kehidupannya secara “live” apa adanya, tanpa ada tendeng aling – aling.

Pandangan pertama memang terkadang, kita selalu berpikiran yang salah tentang sesuatu, tetapi bukan berarti kita berprasangka buruk. Membaca postingan tentang reportase di Langkah Catatanku amat menarik, membuat kita akan terus membacanya, seakan –akan kita hanyut terbawa arus, seperti kita berada bersama penulis. Kenapa? Karena biasa yang digunakan tidak sulit dimengerti, alias mudah dimengeri, alur ceritanya juga tidak berbelit – berbelit. Seperti yang saya baca di postingan, 9 Jam Menuju Jogjakarta.

Juga tentangan postingan tentangan kebanggaan mengenai tempat tinggalnya, yaitu Banjarnegara, Jawa Tengah, terlihat dalam postingannya seperti , “Saya Bangga, Banjarnegera mempunyai Batik Gumelem, Cherry Belle akan beraksi di Banjarnegara, Buah Salak Pondoh Banjarnegara “ dan masih banyak postingan – postingan lainnya.

Di Langkah Catatanku juga saya menemukan puisi atau sajak, yang amat bagus dan enak dibacem eh dibaca. Meskipun tampak “cengeng”, tetapi tetap ini dibaca, mengingatkan kepada kita semua bahwa siapa pun manusia yang punya cinta pastilah pernah mengalami hal seperti . Kita simak pusinya yang beri nama : “ Belum Ada Judul “

Ingatan yang tercipta kala kita bersama dahulu
yang kini mulai Ku rindukannya

Saat-saat ketika kita lalui bersama
Ada suka..ada duka..
dan canda tawa penghias hari kita.

Lelah tak akan berarti bagi Ku
Karena kebersamaan kita hapuskan semuanya
yang tersisa hanyalah kasih sayang.

Mungkinkah akan Ku temukan kembali masa-masa indah itu?

Tak pernah Ku biarkan ombak menghapus kenangan kita
meski buih-buih kecil itu telah lampaui masa
namun, semua kenangan kita akan menjadi separuh nyawa Ku
dan menjadi bagian dari hidup Kita.

aku yakin,
Suatu saat akan aku dapatkan.

Namun,berjanjilah kepada Ku
Kalian tak akan melupakan Aku dan meninggalkan aku
Ataupun semua kenangan kita.

Diberi nama “Belum Ada Judul”, mungkin menurut penulisnya belum ada judul yang pantas, karena proses pembuatan puisi pada umum orang langsung menulis begitu saja, tanpa membuat judul terlebih dahulu. Saya pun, demikian jika membuat puisi atau sajak, tak pernah memberika judul terlebih dahulu, menulis saja seingat – ingatnya curah perasaan dalam permainan bahasa. Masalah indah atau tidaknya belakngan. Meskipun  terlihat cengeng tetapi puisi ini tampak tetap optimis, seperti bait ini : “

aku yakin,
Suatu saat akan aku dapatkan.

Tetapi sayang sekali blog ini, tidak memuat daftar isi per-tanggal secara lengkap, saya merasa kesuiatan untuk membaca postingan – postingan lama tentang Buah Naga dan Kawah Kamojang.

Demikianlah postingan saya, semoga bermanfaat bagi yang punya hajat, saya yakin untuk ke depannya blog ini akan lebih baik dari sekarang, dan saya mengucapkan selamat dan sukses untuk Idah Ceris, dan akhirulkalam marilah senyum bersama LANGKAH CATATANKU.

 

 

Give Away Langkah Catatanku

 

 

 

 

 

 

3 pemikiran pada “REVIEW BLOG : POSTINGAN TENTANG REPORTASE “ LANGKAH CATATANKU”

  1. Halooooo, Pak Dede.😆

    Lengkap sekali repotasenya nih, merasa tersanjung.😳
    Oiya, nama kawahnya kawah sikidang, yang terletak di Dieng.

    Untuk pertangalnya tadinya ada lho, widget arsip sengaja dilepas, biar Pak Dede giat mencari postingannya.🙂

    Terimakasih sudah ikut meramaikan syukuran GA Langkah Catatanku, Pak.

    Salam Senyuum. .. ^_*

Tinggalkan Balasan

