Jaringan Pena Ilma Nafia (JPIN)

Oleh: Junaidi Abdul Munif (Dept.  Jurnalistik dan Creative Writing JPIN Pusat)

Menulis bisa jadi adalah perkara sulit, namun bisa menjadi perkara yang mudah jika kita mampu mensiasatinya. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang mesti dilakukan dalam menulis. Saya lebih banyak mendasarkan pada model pengalaman penulisan artikel populer di koran, karena secara pribadi, saya lebih banyak berkecimpung di bidang penulisan artikel untuk koran.

1.      Pemilihan isu

Langkah pertama dalam menulis adalah menemukan isu atau tema. Isu bisa kita dapatkan dari membaca media cetak, menonton televisi, diskusi, atau dari media sosial seperti facebook dan twitter.

2.      Pengumpulan data

Ketika isu telah dipilih, kita harus mencari sebanyak mungkin data. Data ini bisa kita dapatkan dari buku, artikel, atau blog. Ketersediaan internet sangat memudahkan kita mencari data. Pengalaman saya, ketika ingin menulis sesuatu, saya mencari sebanyak mungkin data dari internet, yang saya kumpulkan dalam folder tersendiri. Hal ini akan  memudahkan untuk menginventarisir data yang…

Lihat pos aslinya 235 kata lagi

Tinggalkan Balasan

